Notification

×
iklan

Sukses Gelar BTA 2023, Bupati Kasmarni Harap BTA Jadi Penyemangat Dalam Keterbukaan Informasi Publik

Jumat, 15 Desember 2023 | 18.12.00 WIB Last Updated 2023-12-15T11:12:00Z

 


PenaRaja.com  - Bupati Bengkalis Kasmarni mengapresiasi kegiatan Bengkalis Transparansi Award (BTA) Tahun 2023 yang sukses digelar Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis. Di Bono Hotel Pekanbaru, Jum'at, (15/12/2023).


BTA merupakan wujud penghargaan Pemkab Bengkalis kepada badan publik, khususnya perangkat daerah maupun pemerintah desa dalam wilayah Kabupaten Bengkalis, atas kosistensinya dalam mendukung Keterbukaan Informasi Publik (KIP).


"Semoga reward yang kita berikan ini, dapat mendorong badan publik semakin semangat dalam menjalankan amanah Undang-Undang 14 tahun 2008 tentang KIP, sekaligus senantiasa dapat menyajikan informasi publik yang berkualitas, transparan, terukur, terarah dan akuntabel," ungkap Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis, Toharudin.


Bupati memaparkan, dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 telah mewajibkan setiap badan publik untuk mempublikasikan informasi publik secara benar dan tidak menyesatkan dengan cara-cara yang mudah dipahami oleh masyarakat. Bagi badan publik, hal yang demikian, dapat mendorong perbaikan layanan, peningkatan kinerja dan akuntabilitas berbagai program maupun kegiatan yang dilaksanakan. 


Sedangkan bagi masyarakat, sambung Bupati, keterbukaan informasi sangat bermanfaat untuk mendorong serta meningkatkan kuantitas maupun kualitas partisipasi aktif masyarakat dalam mengakselerasi pelaksanaan dan keberhasilan pembangunan di Negeri Junjungan.


Kepala Diskominfotik Kabupaten Bengkalis, Dr. H Suwarto memaparkan, penilaian BTA tahun ini dilakukan kepada 37 perangkat daerah dan 4 desa, jumlah peserta yang dilakukan visitasi oleh tim juri sesuai dengan jumlah yang mengembalikan SEQ. 


"Kami menyebarkan SEQ kepada 47 perangkat daerah namun 37 yang mengembalikan, untuk pemerintah desa kami menyebarkan sebanyak 11 yang mengembalikan 4 desa, yang mengembalikan itulah yang kami lakukan penilaian. Adapun tim juri berjumlah 3 orang, 2 dari Komisi Informasi Provinsi Riau, 1 orang dari Diskominfotik Bengkalis", papar Suwarto.


Lebih lanjut Suwarto menjelaskan, BTA dilaksanakan untuk mendorong terciptanya akses informasi secara lebih luas di Masyarakat, serta memberi semangat kepada badan publik untuk melaksanakan amanat UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.



Berikut Badan Publik yang berhasil menerima penghargaan. Untuk Kategori Perangkat Daerah, Juara 1 diraih Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Juara 2 Dinas Perhubungan, Juara 3 RSUD Bengkalis, harapan 1 Kecamatan Mandau harapan 2 Kecamatan Bengkalis.


Untuk kategori Pemerintah Desa, Juara 1 Desa Sadar Jaya, Kecamatan Siak Kecil, Juara 2 Desa Parit Kebumen, Kecamatan Rupat, juara 3 Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu.


Hadir dalam kegiatan BTA ini Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau, Zufra Irwan, Sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas serta Fungsional di Lingkungan Pemkab Bengkalis  serta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Kabupaten Bengkalis.

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan