Notification

×
iklan

Abrasi Air Laut Hancurkan 9 Rumah Warga Di Lorong Perigi

Senin, 12 Desember 2022 | 12.34.00 WIB Last Updated 2023-01-20T00:08:53Z
Foto: Rumah Warga yang dihantam longsor akibat abrasi air laut 
Tanah Merah (Inhil), PenaRaja.com - Musibah tanah longsor kembali menghantam permukiman warga di Lorong Perigi, Kelurahan Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.


Peristiwa memilukan akibat abrasi air laut itu terjadi sekitar pukul 23.15 Wib, Minggu (11/12/2022) sedikitnya menghancurkan 9 rumah milik warga setempat.

Dari keterangan warga yang diperoleh awak media, bencana alam itu terjadi saat warga tengah beristirahat. Saat itu terdengar suara retakan kayu yang cukup kuat. Mendengar hal tersebut, sontak warga berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.


"Sempat beristirahat dan terkejut mendengar suara retakan kayu dan berlari keluar membawa anak tanpa bisa menyelamatkan barang-barang dan surat berharga", ungkap salah satu warga yang mengalami musibah, Nana, Senin (12/12/2022).

"Beruntung tidak ada korban jiwa disaat kejadian", tambah Nana dengan mata berkaca-kaca.

Dengan terjadinya musibah tanah longsor tersebut, Ketua RW setempat Syamsuddin  mengatakan bahwa kejadian longsor ini sangat memukul warganya. Hal itu dikarenakan kerugian yang dialami warga cukup banyak.

"Tidak sedikit, ditaksir kerugian bisa mencapai 800 juta yang menimpa 9 rumah warga tersebut", ungkap Syamsuddin.

Selain itu, Syamsuddin juga berharap semoga pemerintah bisa membantu fasilitas untuk merelokasi masyarakat yang berada di pinggiran sungai tersebut agar keberlanjutan penghidupan tetap bisa berjalan.


Hal senada juga disampaikan salah satu toko pemuda Kuala Enok, Wahyu Thawil, SE mengatakan bahwa perlu ada solusi kongkrit dari pemangku kepentingan, baik Pemerintah Daerah sampai ke Pusat agar kejadian serupa tidak terus berulang. 

"Masyarakat merupakan tanggung jawab negara atau pemerintah untuk hidup yang layak dan merasa aman", paparnya.

Wahyu Thawil juga menginisiasi dalam waktu dekat ini melalui forum Karang Taruna Kuala Enok untuk melakukan Talkshow dengan menghadirkan Pemerintah Daerah hingga pusat agar ada solusi kongkrit bencana ini dapat teratasi. 

"Kepada warga yang terkena musibah semoga diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian ini", ujarnya. (Mhd)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PERISTIWA
iklan
iklan