Notification

×
iklan

Politeknik Negeri Bengkalis memberi bantuan alat mesin kepada Usaha Sultan kreatif

Jumat, 15 Desember 2023 | 14.48.00 WIB Last Updated 2023-12-15T07:49:43Z

 

Text Fhoto : Usaha Sultan Kreatif saat menerima bantuan alat  pengaduk pembuatan Sabun dari Politeknik negeri Bengkalis 

PenaRaja.Com,- Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Dosen diharuskan melaksanakan pengabdian, Dimana Pengabdian Lebih banyak bekerja sama dengan Masyarakat sekitar untuk membantu mempermudah Pekerjaan masyarakat. Pengabdian merupakan kegiatan rutin yang harus dikerjakan oleh dosen, Salah satunya dosen di Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng).


Kerjasama antara Polbeng dengan Usaha Sultan Kreatif yang Di Bina Oleh Zulhandi diDesa Meskom terjalin cukup baik, dimana usaha yang di bina Oleh Zul ini bergerak di berbagai bidang mulai Dari pengolahan madu kelulut, Kopi serbuk, Soufenir, kerajinan tangan dan Pengolahan sabun cair, mollto pengharum baju dan parfum minyak wangi dan juga berbagai jenis kreatif serta pengolahan sampah basah dan kering bisa di jadi kan pupuk Voc serta yang bisa di jadikan bahan bakar, menjadi Usaha kerja mandiri ( UKM).


Text Fhoto : Zulhandi bersama Alat Pengaduk ptmbuatan sabun dan pengharum 


“Pada Tahun ini Usaha Sultan Kreatif mendapatkan bantuan Pengabdian berupa satu unit mesin Pengaduk sabun cair dan wadah tangki air untuk mempermudah proses pengerjaan pembuatan sabun cair dari Dosen Teknik Mesin Politeknik negeri Bengkalis.


 "Alhamdulillah dengan hibah dari Dosen Teknik Mesin Polbeng kami bisa mengembangkan Hasil produk sabun dan mempermudah didalam pengolahan sabun cair” ungkap Pemilik Unit usaha Sultan Kreatif Zulhandi.




Zulham juga berharap kedepannya akan ada bantuan alat teknologi tepat guna yang bisa membantu UKM - UKM yang ada di Bengkalis.


“Alat pengaduk ini dibuat untuk memudahkan tim Sultan Kreatif mengolah produk sabun dan produk lainnya, pada mesin ini kami gunakan motor penggerak listrik kemudian dihubungkan dengan gearbox dan diteruskan ke poros vertical dengan model pengaduk tipe T” Dimana didalam Pengolahan sabun cair proses pengadukan 10 liter sabun hanya dengan waktu lebih kurang 45 menit, Kata Rahmat Fajrul ketua tim pengabdian dosen Teknik Mesin Polbeng. Adapun Anggota Dosen yang terlibat terdiri dari Suhardiman sebagai Anggota dan 3 Mahasiswa DIV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan.


Rahmat Fajrul mengungkapkan pembuatan alat ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan sabun yang awalnya manual menjadi mekanik dan tentunya dapat mempercepat proses pengolahan dan meningkatkan perekonomian bagi Masyarakat.


Ketua Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Afridon mengatakan Polbeng terus berusaha memberikan dukungan kepada dosen-dosen agar terus mengabdi membantu mempermudah kegiatan usaha masyarakat atau memunculkan usaha-usaha baru untuk membantu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, tutupnya. ( Marhisam)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS SOSIAL
iklan
iklan