Notification

×
iklan

Pemdes Teluk Rhu Gelar Penyuluhan Seribu Hari Pertama Kehidupan Guna Cegah Stunting

Selasa, 07 Maret 2023 | 15.44.00 WIB Last Updated 2023-03-07T08:46:57Z


PenaRaja.com - Pemerintah Desa Teluk Rhu menggelar penyuluhan Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) di Gedung Serbaguna Kantor Desa, Jalan Pelajar, Dusun Suka Damai, Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Selasa (7/3/2023).

Kepala Desa Teluk Rhu Mansur didampingi Sekdes Suhaili, S.I.P mengatakan, kegiatan yang menggunakan Dana Desa Silpa tahun 2022 menghadirkan ahli gizi  Nuraini Fitri, S.Gz untuk memberikan materi kepada tamu undangan khususnya ibu-ibu yang memiliki anak balita.




Nuraini Fitri menguraikan, Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) merupakan periode emas seorang anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Gangguan yang terjadi pada periode ini, akan berdampak pada kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak yang bersifat permanen dan berjangka panjang, serta lebih sulit untuk diperbaiki setelah anak berusia 2 tahun sehingga akan menyebabkan salah satu terjadinya stunting.

Pada fase kehidupan yang dimulai sejak terbentuknya janin di masa kehamilan (270 hari) sampai anak berusia 2 tahun (370 hari), periode ini sangat penting dalam pembentukan dan perkembangan organ organ, seperti otak, hati, jantung, ginjal dan organ lainnya.

"Yang perlu diperhatikan adalah asupan gizi, pola asuh dan perawatan kesehatan anak, asupan gizi selama kehamilan bermanfaat untuk perkembangan sel-sel otak janin", terang Nuraini.

Pemberdayaan keluarga terhadap 1000 HPK sangat membantu untuk  mencegah agar tidak terjadinya gizi buruk dan menghambat pertumbuhan anak.

Dengan adanya pelatihan dan penyuluhan yang didukung Pemdes Teluk Rhu, Nuraini berharap kedepannya Ibu Balita dapat memberikan asupan gizi yang baik kepada Balita dan anak.

"Agar nanti anak di Desa Teluk Rhu ini bisa merasakan pertumbuhan yang baik, terhindar dari Stunting sesuai harapan program yang sedang digalakkan pemerintah saat ini", tutupnya. (Sam/TF)
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS KESEHATAN
iklan
iklan