Notification

×
iklan

Pemdes Teluk Rhu Gelar Bimtek Dan Pelatihan Penyusunan RPJMDes Tahun 2023

Selasa, 28 Februari 2023 | 23.06.00 WIB Last Updated 2023-02-28T16:14:58Z


PenaRaja.com - Pemerintah Desa Teluk Rhu menggelar pelatihan dan bimbingan teknik (Bimtek) penyusunan RPJM Desa tahun 2023 di Gedung Serbaguna Kantor Desa, Jl. Ahmad Yani, Dusun II, Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Selasa (27/02/2023).


Pelatihan ini melibatkan seluruh jajaran Pemdes termasuk Kepala Desa, Bendahara Desa, Kasi Kesejahteraan, Kaur Perencanaan, Pendamping Desa dan BPD. Hal ini untuk memberikan pemahaman secara mendetil kepada Perangkat Desa, mengingat setiap tahunnya anggaran dari Dana Desa (DD), BERMASA bahkan dari Provinsi memiliki petunjuk dan teknis (Juknis) yang berbeda-beda.




Mengingat RPJMDes merupakan dasar keterangan RKPDes dan APDes tahun 2023 dan selanjutnya, maka diharapkan Staf Pemdes mampu menyusun RPJM Desa yang menghasilkan produk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.


Hal ini juga untuk menyelaraskan program Kepala Desa dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam pembangunan desa, diantaranya kebutuhan pangan, perencanaan penurunan Stunting tingkat desa, penghapusan kemiskinan ekstrem, bantuan sosial BLT - DD dan kebijakan lainnya. 


Narasumber Hafzan dari Koordinasi TAPM Kabupaten Bengkalis mengatakan, penyusunan RPJM Desa memang harus melibatkan semua unsur, dengan harapan produk yang dihasilkan akan menyerap semua aspirasi masyarakat desa.




Disamping itu, Hafzan juga menegaskan, RPJM Desa merupakan induk dari program kerja 6 tahun Kepala Desa terpilih. Jadi dia meminta,  agar Desa Teluk Rhu belajar dari desa lain yang sudah maju dan mandiri. 


Hal senada juga dikatakan Ketua BPD M.Syawuden. Pelatihan atau Bimtek memang perlu diadakan untuk menyesuaikan RPJM Desa sesuai dengan visi dan misi Kepala Desa dengan kebijakan Pemkab Bengkalis, agar kebijakan tidak tumpang tindih yang dapat menghambat pembangunan desa.


Diakhir, Kepala Desa Bapak Mansur mengatakan, pelatihan dan Bimtek ini untuk meningkatkan SDM Perangkat Desa dan kinerja Pemerintahan Desa dalam penyusunan RPJM Desa. 


"Pelatihan dan bimbingan teknis ini sangat bermanfaat bagi Pemerintahan Desa dalam persiapan penyusunan RPJM Desa. Pemahaman dan pengetahuan kami semakin luas, sehingga akan mempermudah kami dalam menyusun RPJM Desa serta peningkatan wawasan bagi perangkat desa", ujarnya.


Beliau menjelaskan, peningkatan SDM melalui bimbingan teknis ini merupakan kebutuhan pemerintahan desa, seiring perubahan paradigma penyelenggaraan di Pemerintahan Desa. Disamping itu, beragamnya latar belakang pendidikan diperlukan usaha untuk terus mempelajarinya. 


"Memang perlu adanya pelatihan atau pun Bimtek ini, diharapkan perangkat desa dapat meningkatkan kinerjanya", tutupnya. (Marsiham)
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan