Notification

×
iklan

PDIP Raih 10 Kursi DPRD Bengkalis

Rabu, 06 Maret 2024 | 13.17.00 WIB Last Updated 2024-03-06T06:17:59Z

 


PenaRaja.com  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menuntaskan pleno Pemilu serentak 2024, Senin (4/3/24).


Berdasarkan data yang dihimpun dari hitungan ril rekapitulasi KPU Bengkalis, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meledak dalam perolehan kursi. Dari sebelumnya hanya memperoleh lima kursi, pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun ini berhasil memboyong 10 kursi di parlemen.


Terdapat enam daerah pemilihan (Dapil), calon legislatif (Caleg) dari Partai Yang Dipimpin oleh putri sang proklamator Megawati Soekarnoputri tersebut memperoleh 70.321 suara. Suara Terbanyak di Dapil Bengkalis 4 (Kecamatan Mandau) dari 12 kursi, empat kursi diisi Caleg PDIP dan disusul Dapil Bengkalis 3 (Pinggir dan Talang Muandau) yang berhasil meraup 2 kursi. PDIP memastikan pemenang Pemilu 2024 dan kokoh di posisi Ketua DPRD Bengkalis.


Perolehan suara terbanyak dua di parlemen diraup oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebelumnya hanya 3 kursi, naik menjadi 5 kursi dengan perolehan 41.984 suara, disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) juga mendapatkan 5 kursi dengan 32.910 suara, dan empat besar terakhir adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 5 kursi dengan mengantongi 28.578 suara.


Sedangkan Partai Golongan Karya (Golkar) sebelumnya 8 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 6 kursi, pada Pileg 2024 ini hanya memperoleh masing-masing 3 kursi. Artinya, diperiode berikutnya kedua partai ini terpaksa bergeser dari kursi pimpinan parlemen.


Sementara itu, perolehan suara tertinggi perseorangan Caleg pada Pemilu 2024 ini dikoleksi oleh Caleg dari Partai PDIP yakni Septian Nugraha sebanyak 17.387 suara di Dapil 4 (Kecamatan Mandau).


Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bengkalis, Sofyan mengatakan, bahwa kemenangan ini merupakan hasil jerih payah dan kerja sama dari seluruh "mesin-mesin" partai. Dia juga menyebutkan, "meledaknya" perolehan suara PDIP pada Pileg 2024-2029 merupakan keberhasilan yang tidak terlepas dari dukungan penuh keluarga besar Bupati Bengkalis ke-14 Amril Mukminin yang telah bergabung dan membesarkan PDIP di Kabupaten Bengkalis.


"Keberhasilan ini juga atas dukungan penuh keluarga besar Bupati Bengkalis ke-14 Amril Mukminin yang telah bergabung bersama PDIP, dan menjadi spirit tersendiri atas kemenangan PDIP," ungkapnya kepada awak media, Selasa (5/3), melalui seluler nya.


"Ini menjadi pemicu semangat kita ke depan bagaimana bisa mengabdi kepada masyarakat sebagaimana slogan kita Partai Wong Cilik yang mengedepankan program kerakyatan," ujar Sofyan juga menjabat Wakil Ketua II DPRD Bengkalis ini lagi. (Eston)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan