Notification

×
iklan

Bupati Kasmarni Apresiasi Capaian KLA Kategori Madya

Senin, 24 Juli 2023 | 17.30.00 WIB Last Updated 2023-07-25T11:19:14Z


PenaRaja.com  – Bupati Bengkalis Kasmarni memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen Negeri Junjungan atas capaian Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya.


"Atas capaian atau naik kelas dari Pratama ke Madya ini, kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas PPPA dan seluruh Perangkat Daerah, instansi vertikal serta seluruh elemen masyarakat yang telah menunjukkan komitmen untuk menyediakan ruang dan fasilitas yang ramah dan nyaman bagi anak", ungkap Bupati Kasmarni.


Setelah penantian panjang, akhirnya Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis menerima anugerah sebagai KLA kategori Madya tahun 2023 dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang  Puspayoga.  


Penghargaan diberikan pada acara malam anugerah di Semarang, Jawa Tengah yang diikuti secara virtual oleh Kabupaten/Kota se-Indonesia, Sabtu malam (27/07/2023).


“Alhamdulillah. Kita patut bersyukur karena setelah sekian lama Kabupaten Bengkalis berada pada level Pratama, namun pada tahun 2023 ini naik kelas pada posisi Madya. Capaian ini tentu tidak lepas dari komitmen seluruh elemen masyarakat, Perangkat Daerah yang dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bengkalis", ungkap Bupati Bengkalis Kasmarni, Senin (24/07/2023).


Tak terkecuali apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak sekolah dan lembaga pendidikan umum maupun agama yang bergandeng tangan menciptakan mewujudkan sekolah ramah anak.


Kasmarni menegaskan agar penghargaan KLA kategori Madya ini hendaknya menjadi tantangan bagi seluruh elemen untuk lebih kreatif dan gencar dalam memenuhi hak-hak anak secara menyeluruh.


“Capaian jangan lantas membuat kita terlena, namun harus lebih ditingkatkan lagi naik kelas ke kategori Nindya, bahkan Utama", tegasnya.


Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis komitmen dalam mewujudkan hak-hak anak. Diantaranya kebijakan yang telah dilakukan, seperti dalam hal anggaran untuk mendukung program pendidikan, yakni menggratiskan seluruh biaya pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Selain itu menyediakan ruang-ruang bermain anak pada fasilitas umum.


Seperti diketahui, sebelum pemberian penghargaan ini, tim evaluasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), kementerian lembaga dan tim independen akan mengkategorikannya dalam lima peringkat, yakni, Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.


Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan kabupaten yang mampu merencanakan, menetapkan, serta menjalankan seluruh program pembangunan dengan orientasi hak dan kewajiban anak. Anugerah tersebut diberikan sebagai bentuk  apresiasi atas kerja keras dan dukungan untuk memenuhi hak anak melalui berbagai kebijakan.


Kementerian PPPA menganugerahi Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2023 kepada 360 Kabupaten/Kota, terdiri dari 19 kategori Utama, 76 kategori Nindya, 130 kategori Madya, dan 135 kategori Pratama.


Penghargaan Provinsi Layak Anak (PROVILA) pun turut diberikan kepada 14 Provinsi yang telah melakukan upaya keras untuk menggerakkan Kabupaten/Kota di wilayahnya dalam mewujudkan KLA. (Tetti)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan