Notification

×
iklan

BPBD dan TP-PKK Bengkalis Gelar Sosialisasi Program Keluarga Tangguh Bencana

Senin, 24 Juli 2023 | 14.30.00 WIB Last Updated 2023-07-24T11:12:10Z

 

Foto: Bupati Kasmarni Diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H. Alfakhrurrazy, Saat Membuka sosialisasi Katana.


PenaRaja.com  – Bupati Bengkalis Kasmarni menyambut baik dan mengapresiasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis atas terselenggaranya sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana (Katana) tahun 2023.


Demikian hal itu disampaikan saat membuka sosialisasi keluarga tangguh bencana, dalam sambutan tertulis Bupati dibacakan Plt. Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H. Alfakhrurrazy, Senin (24/07/2023), di Gedung Daerah Bengkalis.


Kasmarni mengatakan, keluarga tangguh bencana atau sering disebut dengan katana menjadi isu utama BNPB dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait bencana dari struktur organisasi terkecil. Program katana ini juga banyak dikampanyekan oleh organisasi non pemerintah bidang bencana.


Dalam konteks bencana keluarga menjadi fokus inti karena pengetahuan terkait bencana sangat baik jika dimulai dari rumah. Kesadaran, pengetahuan, keterampilan mesti terus menerus dikembangkan di lingkungan keluarga untuk mengurangi korban jiwa pada saat terjadi bencana.


Oleh karenanya, lanjut Bupati diperlukan langkah antisipasi sedini mungkin dengan membangun sinergi, kolaborasi serta akselerasi semua pihak. Karena untuk pencegahan dan penanggulangan bencana, harus dilakukan secara holistic integratif, tidak bisa silakukan secara sendiri-sendiri.


Kepada desa dan kelurahan dengan berbagai komunitas yang ada diwilayahnya, Kasmarni berharap dapat lebih proaktif dalam melakukan tahapan-tahapan pengurangan resiko terjadinya bencana tersebut. Mulai dari pembentukan forum pengurangan resiko bencana, rekrutmen dan mengorganisir para relawan untuk bersama-sama membuat perencanaan penanggulangan bencana, melaksanakan kegiatan pelatihan dan simulasi, sosialisasi, serta kegiatan lainnya.


“Selain itu, kami juga berharap setiap kader PKK selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya, serta rasa kepeduliannya terhadap lingkungan dan daerahnya, serta ikut andil dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bengkalis yaitu terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera,” ujar Kasmarni.


Kemudian, agar kiprah Tim Penggerak PKK tidak terbelenggu dan terbatas. Teruslah berinovasi mengembangkan kualitas. Tumbuhkan ide-ide yang inovatif untuk membangun keluarga yang sejahtera, sehat dan tangguh bencana, untuk melaksanakan kegiatan 10 program pokok pkk.


Karena Tim Penggerak PKK dengan sepuluh program pokoknya memiliki peran pendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan kesejahteraan keluarga, dan merupakan salah satu unsur “pelaku” pembangunan, sehingga patut berperan aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat.


Pada kesempatan itu juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Siti Aisyah menyerahkan secara simbolis tambahan makanan bergizi untuk pencegahan sunting Kecamatan Bengkalis dan Bantan.


Acara ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PPK Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Kalaksa BPBD Supandi, perwakilan dari Forkopimda dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (Tetti)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan