Notification

×
iklan

Safari Ramadhan di Masjid Raya Nurul Mukminin, Bupati Tapsel Bersama Camat Muara Batang Toru Salurkan Sejumlah Bantuan

Rabu, 19 April 2023 | 12.49.00 WIB Last Updated 2023-04-19T19:32:52Z

PenaRaja.com - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Doli Parlindungan Pasaribu bersama Ketua TP PKK Kabupaten dan sejumlah Kepala Dinas di Lingkungan Kabupaten Tapsel bersafari Ramadhan ke Masjid Raya Nurul Mukminin di Desa Pardamean, Kecamatan Muara Batang Toru, pada hari Selasa (18/04/2023) sekira jam 16:30 WIB.




Safari Ramadhan dari orang nomor satu di Kabupaten Tapanuli Selatan tersebut disambut baik oleh Pemerintah Kecamatan Muara Batang Toru Paisal Candra Hasan dan Pemerintah Desa atau Kelurahan berserta Ketua PKK. 

Selain itu juga hadir Ketua LPMD dan LMPK Kelurahan, Ketua BPD Desa, seluruh aparatur desa dan kelurahan, dan tokoh masyarakat setiap desa dan kelurahan sekecamatan Muara Batang Toru.

Lantunan ayat suci Al-Qur'an pun terdengar indah dari suara merdu Rahman Hadi Situmorang saat memulai acara safari Ramadhan itu.

Pada kesempatan itu, Camat Muara Batang Toru Paisal Candra Hasan Harahap terlihat didampingi Ibu Ketua PKK kecamatan. 

“Desa Pardamean penduduknya lebih sedikit dibandingkan desa atau kelurahan lain yang ada di Kecamatan Muara Batang Toru ini, akan tetapi kondisi penduduknya hampir sama dengan nama Desanya, Desa Damai. Akhir kata, saya mewakili keluarga menyampaikan permohonan maaf, saya selaku pemimpin kecamatan tak luput dari kekurangan", kata Paisal Candra Hasan Harahap sembari menyapa Bupati Tapsel, Ibu Ketua TP PKK se Kabupaten, Staf Ahli Kabupaten, Kadis Kominfotiks, Ustad Rapiy Lubis, Danramil Batang Toru, Kepala Desa, Lurah, KNFI Tapsel dan semua yang berhadir.

Kemudian, penyerahan bantuan santunan kematian BPJS kepada ahli waris Bapak Adul kohar dari Desa Hapinis dan ahli waris Bapak Manungga Sagala Kelurahan Muara Manoppas.

Demikian juga bantuan dari Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial diserahkan berupa kain sarung untuk sepuluh orang lansia dan mukena untuk sepuluh orang perempuan.

Penyerahan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional Tapanuli Selatan kepada 17 orang penerima, penyerahan zakat dari UPJ Kecamatan Muara Batang Toru untuk 13 orang penerima.

Bupati Tapanuli Selatan menyampaikan, safari Ramadhan hari ini adalah hari terakhir yang bertepatan di Desa Pardamean, sekaligus penutup di Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Ada 3 hal yang disampaikan Bupati kepada masyarakatnya;

1. THR sudah keluar dari kabupaten untuk ASN, THL semua golongan yang mempunyai hak penerima dan semua harus tepat sasaran, sebagian lagi memang masih ada yang dikerjakan agar tetap bisa cair sebelum lebaran ini.

2. Mengenai stunting di Kabupaten Tapanuli Selatan 293 anak, kini menurun menjadi 114 anak, harapan kami angka itu terus bisa menurun dan ini adalah tanggung jawab semua, bukan hanya kabupaten tetapi juga kecamatan, desa dan kelurahan, ini mempunyai tanggung jawab bersama, dan kenapa ribuan anak yang sehat tidak di puji-puji.

Stunting sering disalah artikan kurang gizi, ternyata stunting itu pertumbuhan yang kurang baik, yang banyak penyebabnya dari makanan, faktor ekonomi dan ibu muda yang kurang memperhatikan kesehatan.

Perlu saya sampaikan kepada bapak ibu, kata Bupati, Pemkab Tapsel baru-baru ini menerima laporan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan terkait pemeriksaan keuangan Tapsel tahun 2022, laporan keuangan Tapsel tertulis dengan standar dari negara Indonesia syarat akutansi.

"Tapsel kembali dinyatakan BPK, diterima dengan opini dari BPK, itu wajar tanpa pengecualian dan terima penghargaan yang ke 9 kali nya", jelas Bupati.

“Dan kalau yang lewat di pertanyakan, itu adalah  penyebab nya  di Dewan, laporan yang seharusnya di sahkan  lebih cepat, dengan segala pertimbangan dan  beberapa hal akhirnya tidak tepat waktu lagi, itu lah penyebab nya gugurnya hak pemkab Tapsel untuk mendapatkan insentif.

Saya tau apa yang disampaikan ini tidak familiar, tapi perlu disiapkan karena banyak sekali fitnah meskipun ini bulan puasa, fitnah tidak berhenti. Tentunya ini nanti akan dikutif teman wartawan agar masyarakat dapat mengetahui.

"Terakhir pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, baik ustad, muallim yang mengisi di Ramadan ini, dengan tausiah dan kajian, yang telah memberikan ilmu bermanfaat sehingga masyarakat dapat memperbaiki kualitas ibadahnya", pungkas Bupati Tapsel.

Diakhir, Ustad Rapiy Lubis mengatakan, bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan taqwa kepada Allah, dan isilah Ramadan ini dengan sebanyak-banyak taqwa. "Bukanlah hari raya, itu untuk orang yang berpakaian baru dan bukan juga untuk orang yang banyak kuenya. Akan tetapi, Idul Fitri itu hanyalah bagi orang-orang  yang ketaqwaannya bertambah", ceramah Ustad Rapiy Lubis sembari menutupnya dengan doa. Lalu buka puasa bersama dan sholat Maghrib. (Julhadi Siregar)
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS RELIGI
iklan
iklan