Notification

×
iklan

Upaya Tingkatkan SPM PJPTM, Puskesmas Selatbaru Beri Penghargaan Posbindu Terbaik

Minggu, 19 Maret 2023 | 18.18.00 WIB Last Updated 2023-03-19T11:18:52Z

PenaRaja.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Selatbaru memberikan penghargaan kepada Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu). Langkah ini sebagai upaya meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan program prioritas nasional penanggung jawab Penyakit Tak Menular (PJ PTM). 


“Alhmadulillah, kemarin Sabtu (18/03/2023) Puskesmas Selatbaru telah memberikan penghargaan kepada Posbindu terbaik. Ini sebagai bentuk apresiasi atas kinerja Posbindu yang ada di desa-desa,” ungkap Kepala UPT Puskemas Selatbaru, Sri Rezeki, melalui rilis yang disampaikan, Ahad (19/03/2023). 


Berikut daftar Posbindu berprestasi yang telah menerima penghargaan dari UPT Puskesmas Selatbaru, yakni terbaik 1 Posbindu Permata Asri Desa Mentayan, penanggungjawab pelaksana bidan desa Nur Etika dan Kades Jalaludin 


Terbaik II Posbindu Sejahtera Desa Ulupulau, penanggungjawab pelaksana bidan desa Endang Lestari, bidan TIna dan Kades Hariyanto. Terbaik III Posbindu Mekar Mandiri Desa Teluk Papal, penanggungjawab pelaksana petugas desa Siti Junaidah dan bidan Hatipah, bidan Maydarita dan Kades Lakuning Retno.


Terbaik IV Posbindu Sehat Bersama Desa Bantan Sari, penanggung jawab pelaksana bidan desa Kurniawati dan didan Desvriani dan Kades Sulaini. Terbaik V Posbindu Sehat Mandiri, penanggungjawab pelaksana petugas desa Sulastri dan bidan desa Nila Fauzi, Suryadi dan Kades Edi Sutrisno SE 


Terbaik VI Posbindu Bunga Mawar Desa Bantan Timur, penanggungjawab pelaksana bidan desa Nani May Sari, petugas desa Irmayani dan Kades Sani 


Diungkapkan Kepala UPT Puskesmas Selatbaru, semua keberhasilan ini adalah kerja keras tim kader dan petugas desa serta tak terlepas dari binaan Penanggungjawab Program PTM Puskesmas Selatbaru, Linda Hariyani, SKM. 


Pemberian penghargaan kepada Posbindu terbaik ini dikemas dalam acara Happy Day Kader Posbindu PTM di Pantai Selatbaru, Sabtu kemarin. Kegiatan ini disukseskan langsung oleh Penanggungjawab Program PTM UPT Puskesmas Selatbaru Linda Hariyani


“Pertama kami memberikan apresiasi kepada teman-teman yang telah menyukseskan acara ini, terutama buk Linda Hariyani dan kawan-kawan", ujar Sri Rezeki seraya menambahkan dirinya tidak bisa hadir karena mengikuti bimtek sekaligus pertemuan sempena akreditasi Puskesmas Selatbaru. 


Lebih lanjutnya Sri Rezeki menerangkan, para kader dan petugas kesehatan desa sebagai pelaksana posbindu adalah pejuang hebat. Tanpa mereka, pihaknya tidak ada apa-apanya. Di lapangan tim dan kader bekerja keras untuk meningkatkan hasil capaian skrining usia 15 tahun ke atas. 


“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader posbindu PTM, petugas desa dan pemerintah desa yang sudah bersama sama berjuang untuk pencapaian SPM  bidang Penyakit Tidak Menular", ungkap Kepala UPT Puskemas Selatbaru. 


Seperti diketahui, sejauh ini jumlah Posbindu di wilayah kerja Puskesmas Selatbaru mencapai 14 Posbindu PTM yang sudah mandiri. Posbindu PTM pertama kali dibentuk adalah Posbindu Harapan Desa Resam Lapis pada tahun 2016, kemudian pada tahun 2017 menyusul Posbindu PTM Berancah Sehat di desa Berancah. 


Pada tahun 2018 kembali terbentuk 5 Posbindu yakni Desa Bantan Air, Jangkang, Bantan Tengah, Mentayan dan Desa Ulu Pulau. Selanjutnya tahun 2019 terbentuk kembali Posbindu PTM Desa Deluk dan Selatbaru. Sampai tahun 2020 sebanyak 14 Desa sudah membentuk Posbindu PTM yang sudah ber-SK-kan kepala desa dan sudah mendapat perhatian penuh oleh Pemerintah Desa. (Tetti)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan