Notification

×
iklan

Bupati Rohul Hadiri Rakornas Pemda dan FKUB di Tanggerang

Kamis, 02 Maret 2023 | 08.55.00 WIB Last Updated 2023-03-02T01:55:43Z



PenaRaja.com - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman didampingi Plt Kaban Kesbangpol Kabupaten Rohul Irvandri menghadiri Rakornas Pemda dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tahun 2023 se Indonesia di Kota Tanggerang, Banten, Selasa (28/02/2023).

Rakornas yang ditaja Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri secara resmi dibuka Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr.H.Suhajar Diantoro dengan mengangkat tema “Sinergi Memantapkan Kerukunan Umat Beragama Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Aman Damai Dan Harmoni”

Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri menyebutkan, para raja zaman dahulu menyetujui adanya Republik dibuktikan dengan datang langsung ke Jakarta dan menyerahkan keris pusakanya. Begitu besar jasa para pahlawan, sehingga Indonesia menjadi Republik dengan berdasarkan Pancasila.

Kemudian dihadapan 1692 peserta, Dr.H.Suhajar Diantoro mengumpamakan bagaimana sosok patriotisme dari Sultan Syarif Kasim II kala itu. Selain itu, Sekjen Kemendagri ini juga mengatakan, pentingnya peran FKUB dalam pelaksanaan Pemilu agar tercipta situasi kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Ia menegaskan, Negara menjamin setiap orang untuk memeluk agamanya dan kepercayaannya.

“Termasuk dalam mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan harmoni", pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu mengatakan, menjelang pemilu suhu politik kian meningkat. Potensi akan terjadinya konflik, terutama konflik horisontal, bukan tidak mungkin akan terjadi apabila tidak diantisipasi sejak dini.

Oleh karena itu, Bupati Sukiman mengatakan, peran FKUB sangat dibutuhkan untuk mewujudkan pemilu damai, aman dan sejuk dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi Pemilu yang akan digelar pada 2024 nanti.

"Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan bersama untuk mewujudkan pemilu yang aman dan kondusif demi menyukseskan pemilu 2024, serta selalu menumbuhkan semangat dan kerukunan antar umat beragama", tutupnya.

Usai kegiatan Rakornas, Bupati Rokan Hulu berjumpa langsung dengan Sekjen Kemendagri dan bersalaman, bahkan sempat bersenda gurau dengan beliau. (Gs)
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan