Notification

×
iklan

Ketua Komisi II Sampaikan Efektifitas dan Efesiensi Anggaran pada FPD DLH

Rabu, 22 Februari 2023 | 14.09.00 WIB Last Updated 2023-04-05T05:01:47Z

 




PenaRaja.com  - Forum perangkat daerah merupakan wadah bagi para pemangku kepentingan mendiskusikan dan mensinkronisasikan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah. Hal ini yang dilakukan di OPD di pemerintah Kabupaten Bengkalis.


Sebagai mitra kerja Ketua Komisi II H. Adri dan Wakil Ruby Handoko  menghadiri undangan Forum Perangkat Daerah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis melalui tema, "Mengembangkan Potensi Wilayah Perbatasan dan Lokus Pembangunan Kawasan", di Ruang Rapat DLH, Selasa (21/02/2023).


Ada beberapa gambaran yang disampaikan oleh Bappeda melalui JFP Muda Eri Cahyadi tentang isu strategis terkait rencana penganggaran di Tahun 2024 di Dinas DLH yaitu abrasi dan longsor pesisir, potensi kebakaran hutan dan lahan, potensi rawan genangan hujan dan banjir, pengelolaan persampahan dan air limbah perkotaan.


Melalui Sekretaris Ed Efendi, DLH mengusulkan program prioritas yang perlu perhatian oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan memberikan porsi anggaran sesuai yang dibutuhkan.


Mengenai Renja Tahun 2024 yang disampaikan, Ketua Komisi II H. Adri menanggapi bahwa sebagaimana tahap awal prioritas pembangunan idealnya dalam sisi anggaran DLH mendapat bagian lebih.


Alokasi anggaran harus fokus, DLH harus menyusun kondisi saat ini, target, capaian, dan Outputnya seperti apa untuk mengetahui performa index dinas "Terukur, Efesien, Efektif" dari sisi anggaran.


"Harapannya kepala dinas menyampaikan ke TAPD alokasi anggaran Dinas Lingkungan Hidup disesuaikan dengan kebutuhan", ucapnya.


Dari sisi dinas, H. Adri mengatakan jika ada pagu anggaran yang dianggap tidak maksimal dilaksanakan sebaiknya diabaikan terlebih dahulu dan dialihkan ke kegiatan yang lebih bermanfaat untuk mengefisienkan anggaran dinas.


Ke depan dibawah Bappeda, pengawasan tidak serta merta harus ditangani oleh DLH, pembuangan sampah sudah ada Perdanya dan Tupoksi berada di Satpol PP. Perlu suatu koordinasi dibawah Bappeda untuk menentukan tugas masing-masing dinas, bagaimana memfungsikan SKPD sesuai dengan Tupoksinya.


Sekretaris Ed Efendi sepakat dengan efesiensi dan efektivitas yang dikatakan oleh ketua Komisi II, ia mengharapkan Komisi II dapat mengawal program dan kegiatan dari segi penganggaran agar terlaksana dengan baik. (Tetti)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS LEGISLATIF
iklan
iklan