Notification

×
iklan

Peringatan Hari Bela Negara Jadi Momentum Bangkit dan Pertahankan NKRI

Senin, 19 Desember 2022 | 18.45.00 WIB Last Updated 2023-04-09T13:49:57Z

 

Teks foto: Sekda Bengkalis, H Bustami HY saat membacakan pidato tertulis Presiden RI, Joko Widodo sempena Peringatan Hari Bela Negara Ke-74 Tahun 2022

PenaRaja.com - Peringatan Hari Bela Negara, hendaknya menjadi momentum untuk membangkitkan semangat membangun dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Hal ini selaras dengan tema peringatan Hari Bela Negara Ke-74 tahun 2022, yakni "Bangkit Bela Negaraku Jaya Indonesiaku".


Tema tersebut mengisyaratkan masyarakat untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap berkorban demi bangsa dan negara, serta bangkit bersama menuju Indonesia jaya.


"Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang", ucap Sekretaris Daerah, H Bustami HY.


Harapan tersebut disampaikan Bustami, saat membacakan pidato tertulis Presiden Indonesia, Joko Widodo, Senin 19 Desember 2022.


Lebih lanjut, nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara.


"Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun lingkungan masyarakat pada umumnya", tambahnya.


Presiden juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, untuk ikut serta dalam bela negara.


Upacara peringatan Hari Bela Negara yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Bengkalis itu, selain inspektur Sekda Bustami HY, bertindak sebagai perwira upacara Ipda Amrun T dari Polres Bengkalis.


Komandan upacara Pelda Indratno dari Kodim 0303 Bengkalis. Pembaca ikrar bela negara adalah Irain Putri Atha, anggota Pramuka Pangkalan SMAN 1 Bengkalis. Sedangkan pengibar bendara anggota Satpol PP Bengkalis.


Kemudian pembaca do'a H Baharudin Ashuri dari Kemenag Bengkalis dan pembawa acara guru SMPN 4 Bengkalis, Ariyanti AR. (Tetti)


IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan