Notification

×
iklan

Sambangi Desa Rawan Banjir, AKP Faisal: Lokasi TPS Bebas Banjir, Akses Menuju TPS Rawan Banjir

Selasa, 16 Januari 2024 | 11.03.00 WIB Last Updated 2024-01-16T04:13:44Z

 


       


PenaRaja.com - Hari pencoblosan pemilihan umum 2024 (memilih DPRD, DPD, DPR, dan Presiden) tinggal 30 hari lagi. Persiapan menjelang hari H pencoblosan terus dilakukan oleh pihak-pihak yang diberi tanggungjawab oleh pemerintah. Salah satu tanggungjawab tersebut diamanahkan kepada institusi kepolisian.


Dalam hal ini, Polri bertanggungjawab dalam pengamanan, meliputi pengamanan personel, logistik (produksi, distribusi dan pergudangan) hingga lingkungan kantor KPU dan TPS. 


Dalam rangka memastikan pelaksanaan Pesta Demokrasi 14 Februari 2024 mendatang berlangsung lancar dan sukses, Kapolri telah memerintahkan seluruh jajaran menjalankan tugas dan fungsi tersebut, tidak terkecuali Polres Bengkalis dan jajaran. Khusus Pulau Bengkalis terdapat dua Polisi Sektor (Polsek), yakni Polsek Bengkalis dan Polsek Bantan.


Topografi Pulau Bengkalis dataran rendah sekitar 30-100 cm dari permukaan laut merupakan kawasan rawan banjir. Jika turun hujan dengan intensitas tinggi beberapa jam saja, beberapa tempat di beberapa desa di wilayah hukum Polsek Bengkalis sudah digenangi air. Apalagi, jika hujan bersamaan dengan air pasang dari Selat Bengkalis, banjir bisa berlangsung berhari-hari. Seperti yang sering terjadi di beberapa tempat di Desa Teluk Latak dan Desa Senderak di Kecamatan Bengkalis yang masuk wilayah hukum Polsek Bengkalis.


Agar pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari di dua desa itu berjalan lancar disaat banjir, Kapolsek Bengkalis AKP Faisal SH berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melakukan antisipasi. Untuk itu, pada Senin (15/1) pagi, sekitar pukul 09.30 WIB, didampingi PS Kanit Intel Aipda Tri Mardoni, Kanit Binmas, dan Bhabinkamtibmas, AKP Faisal dan PPK sambangi desa rawan banjir, Desa Teluk Latak dan Senderak.


Rombongan Kapolsek disambut oleh Mansyur Kepala Desa Teluk Latak dan Zulfikar Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Teluk Latak. Faisal meninjau lokasi TPS di desa tersebut. 


Dari hasil koordinasi dan pengamatan bersama ada beberapa TPS di dua desa tersebut masuk katagori rawan banjir. Untuk itu, pihak PPS dan desa telah menetapkan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang aman dari banjir alias bebas banjir.


Kendati TPS ditempatkan di lokasi bebas banjir, sebaliknya akses (jalan) menuju TPS masih rawan banjir. Pasalnya, setiap kali banjir beberapa jalan di desa tersebut kebanjiran.


Faisal menjelaskan, di Desa Teluk Latak terdapat ada beberapa akses ke lokasi TPS yang rawan banjir di antarannya akses ke TPS 7 (Ruang Kelas SDN 53 Bengkalis), Jalan Darat Tegak, RT 02, RW 04, Desa Teluk Latak.



"Lokasinya TPS tidak rawan banjir, melainkan akses jalan menuju TPS yang rawan banjir lebih kurang 40 meter dengan kedalaman air 50 centimeter," kata Faisal.


Sementara itu, Kapolres Bengkalis Setyo Bimo Anggoro, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Bengkalis AKP Faisal mengatakan, koordinasi dengan PPK Kecamatan Bengkalis untuk memastikan TPS-TPS di Kecamatan Bengkalis pada hari H pelaksanaan pemilu pada 14 Februari mendatang berlangsung lancar dan sukses.


‘’Alternatifnya TPS dipindahkan di halaman Masjid Solihin, Jalan Darat Tegak yang berjarak lebih kurang 200 meter dari lokasi TPS 7,’’ kata mantan Kanit Reskrim Polsek Kandis Polres Siak itu.


Kemudian, kata Kapolsek, di Desa Senderak, yakni TPS 1 (rumah warga ) Jalan Utama, RT 0,1 RW 01, Dusun Pembangunan, Desa Senderak. Di lokasi ini diprediksi juga kedalaman air sekitar 50 centimeter hingga lebih.


‘’Untuk alternatifnya TPS dipindahkan di Kantor Desa Senderak yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi TPS awal,’’ ucap mantan Kasi Hukum Polres Siak itu. 


Kapolsek menambahkan, lokasi TPS rawan banjir tersebut terjadi apabila pada saat hari H terjadi hujan lebat. Rencana lokasi TPS alternatif dipindahkan tidak jauh dari lokasi TPS awal.


‘’Lokasi TPS rawan banjir akan dilihat kondisi cuaca 7 hari sebelum hari H, selanjutnya pihak PPK Kecamatan Bengkalis dan PPS Desa Senderak dan Desa Teluk Latak akan melakukan evaluasi lanjutan,’’ pungkas AKP Faisal.


Sementara itu, Kepala Desa Teluk Latak Mansyur, di sela-sela mengecek lokasi TPS tersebut mengapresiasi langkah Polsek Bengkalis bersama PPK dan PPS untuk mengantisipasi titik TPS jika terjadinya banjir.


‘’Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Kapolsek Bengkalis AKP Faisal dan jajaran serta PPK dan PPS, yang melakukan langkah antisipasi sedini mungkin jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti banjir di lokasi TPS dan menyepakati lokasi alternatif TPS,’’ ucap Mansyur. (Rudi).





IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS POLRI
iklan
iklan