Notification

×
iklan

Percepat Air Surut, Polsek Siak Kecil dan Warga Gotong Royong Bersihkan Kanal Sungai Linau

Rabu, 24 Januari 2024 | 00.13.00 WIB Last Updated 2024-01-23T17:13:28Z

 



PenaRaja.com - Banjir yang menerpa beberapa desa di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis membuat jalan dari ibukota kecamatan menuju Desa Sungai Linau, Desa Muara Dua dan Desa Bandar Jaya sulit dilewati. Bahkan akses menuju Desa Muara Dua dan Bandar Jaya terputus hanya bisa melalui sungai dengan pompong atau speed boat. Karena jalan utama menuju dua desa tersebut terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan dan meluapnya air dari kanal Sungai Linau yang melintas ketiga desa tersebut.


Untuk melancarkan air kanal menuju Sungai Linau ke muara, Kapolsek Siak Kecil, pihak kecamatan, warga desa melakukan gotong royong bersama membersihkan kanal Sungai Linau. Selain secara manual, juga menggunakan alat berat jenis eskapator bantuan perusahaan setempat.


Dengan dibersihkan kanal Sungai Linau diharapkan arus air menuju muara semakin lancar, dan air yang menggenangi jalan dan halaman rumah warga cepat surut. Apalagi pemilihan umum tinggal 24 hari lagi. Jika masih banjir akan menyulitkan aktivitas warga dan akses pengiriman logistik.


"Hari ini hari kedua cuaca cerah di Kecamatan Siak Kecil dan menurut pantauan bersama debit air mulai surut", kata Kapolsek Siak Kecil Ipda Eko WNB kepada awak media dilokasi gotong royong.


Kapolsek juga menjelaskan, imbas dari banjir yang melanda di beberapa titik di tiga desa tersebut ada 13 tempat pemungutan suara (TPS) terpaksa dipindahkan ke tempat alternatif jika hujan terus turun. Masing-masing 3 TPS di Desa Sungai Linau, 2 TPS di Desa Sungai Nibung Sebanyak 2 TPS, Desa Bandar Jaya 4 TPS dan Desa Muara Dua 3 TPS. Selain itu, Kapolsek juga menjelaskan akses distribusi logistik Pemilu 2024, jika normal melalui jalur darat menuju Desa Muara Dua dan Desa Bandar Jaya, jika tidak terpaksa melalui sungai.


Disela-sela gotong royong Kapolsek juga tak lupa mengingatkan warga agar senantiasa berdoa agar banjir segera surut.


"Kita harus tetap bersyukur dan berdoa agar banjir segera surut dan kita juga harus tetap tolong menolong serta berkerja sama walaupun pilihan pada pemilu 2024 mendatang berbeda-beda. Tetap menjaga silaturahmi, jangan sampai termakan berita-berita Hoaks", kata Eko.


Selain melaksanakan normalisasi Sungai Linau, warga terdampak banjir juga rutin mendapat pelayanan kesehatan gratis oleh dr. James dan kawan-kawan dari Puskesmas Sadar Kaya dan membagikan sembako gratis kepada warga terdampak banjir.


 "Kami sangat bangga punya Kapolsek yang tanggap dan peduli dengan masyarakat, semoga apa yang diinginkan Kapolsek dan Kepolisian untuk menciptakan masyarkat yang selalu aman dan kondusif serta pemilu yang damai dapat terwujud," kata dr James. (Rudi/rls)





IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS POLRI
iklan
iklan