Notification

×
iklan

Wabup Bagus Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Minggu, 01 Oktober 2023 | 12.30.00 WIB Last Updated 2023-10-01T09:07:39Z

 


PenaRaja.com  - Wakil Bupati Bengkalis Dr. H Bagus Santoso menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ahad (1/10/2023) di halaman Kantor Bupati Bengkalis.


Berdasarkan surat Kemendikbud Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 yakni Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju.


Usai upacara Wabup Bagus mengatakan Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari peringatan kedudukan Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.


Hal ini perlu diperingati karena Indonesia pernah memiliki catatan sejarah kelam di masa lalu dimana dulu kelompok tertentu ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi bangsa.


Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi peringatan atas gugurnya beberapa anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dalam usaha mempertahankan Pancasila.


Kala itu, mereka menjadi korban pemberontakan yang dilakukan PKI. Aksi itu dikenal sebagai Gerakan 30 September PKI atau G30S PKI.


"Untuk generasi muda kita berharap agar tetap menjaga kedaulatan negera kita NKRI, serta wajib mempertahankan dan menjaga pancasila, dengan menerapkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari", ucap Bagus.


Bertindak sebagai Komandan Upacara Danramil 01/Bkls Kapten Cpl. Farimus Hendriko yang diawali mengheningkan cipta, dilanjutkan Pembacaan Teks pancasila oleh Wabup Dr.H. Bagus Santoso dan pembacaan naskah pembukaan Undang Undang Dasar 1945 oleh Perwakilan Kesbangpol Bengkalis Samsul dan diakhiri pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam. (Tetti)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan