Notification

×
iklan

Buka Jambore PAUD Bengkalis, Bupati Kasmarni: Wujudkan Anak Usia Dini yang Sehat, Gembira Dan Kreatif

Kamis, 05 Oktober 2023 | 12.43.00 WIB Last Updated 2023-10-05T05:43:21Z

 


PenaRaja.com  - Pelaksanaan jambore PAUD tingkat Kabupaten Bengkalis secara resmi dibuka Bupati Kasmarni Kamis, (5/10/2023). 


Dalam kesempatan itu, seribu anak PAUD melakukan senam PAUD Holistik Integratif (HI) bersama di Lapangan Tugu Bengkalis. 


Pembukaan Jambore PAUD ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, didampingi Wabup Bagus Santoso, Kepala Dinas Pendidikan Hadi Prasetyo, Ketua PKK Siti Aisyah dan Ketua DWP Ira Vendriyani. 


Adapun tema dalam Jambore PAUD itu yakni “Dengan Jambore PAUD Kita Wujudkan Anak Usia Dini yang Sehat, Gembira Dan Kreatif Melalui Merdeka Belajar, Medeka Bermain”. 


Sejalan dengan tema itu, Bupati Kasmarni mengingatkan harus perkuat dan implementasikan sesuai tema. Karena dalam konteks pendidikan anak usia dini, merdeka belajar itu adalah merdeka bermain. Karena bermain adalah belajar. 


"Tema ini juga merupakan upaya kita untuk melawan mis-konsepsi yang terjadi selama ini dalam pengelolaan PAUD, dimana anak-anak PAUD justru ditekankan agar mereka bisa membaca, menulis dan berhitung. Padahal konsepsi tersebut adalah konsepsi yang salah. Jauh berbeda sebenarnya dengan konsepsi PAUD yang seharusnya lebih menguatkan aspek integratif dengan cara bermain", jelasnya.



Begitu pula dengan upaya untuk menciptakan PAUD berkualitas di Negeri Junjungan, orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis itu minta kepada pendidik, tenaga kependidikan, Bunda PAUD serta organisasi mitra PAUD, agar benar-benar memperhatikan empat elemen yang harus dipenuhi dalam membentuk PAUD berkualitas. 


Empat hal tersebut, lanjut Bupati Kasmarni pertama memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik, kedua bermitra dengan orang tua, ketiga memiliki tata kelola yang baik, dan yang keempatnya memantau serta mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak. 


"Untuk itu, mari kita sukseskan gerakan PAUD berkualitas ini, dengan terus memberikan rangsangan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan yang dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi, dan berkesinambungan serta holistik-integratif, agar anak-anak Kabupaten Bengkalis kedepannya dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya",  ajaknya. 


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Hadi Prasetyo mengungkapkan sebanyak 7 perlombaan dilaksanakan dalam Jambore PAUD itu. Diantaranya lomba keterampilan diri memakai pakaian, lomba ice breaking pembelajaran PAUD, lomba membaca do’a harian, lomba sayembara bersyair Guru PAUD. 


Lalu lomba menyanyi lagu nasional, lomba bermain sambil bernyanyi dan lomba presentasi Rencana aksi Bunda PAUD Desa. (Tetti)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan