Notification

×
iklan

Tradisi Festival Lampu Colok Meriahkan Ramadhan Ke-27 di Kelurahan Damon

Senin, 17 April 2023 | 23.00.00 WIB Last Updated 2023-04-17T21:55:29Z

 


PenaRaja.com  - Malam ke-27 Ramadhan di Kabupaten Bengkalis, khususnya di Kelurahan Damon, Kecamatan Bengkalis semakin meriah, hal itu dikarenakan adanya Kampung Colok Bermasa Kelurahan Damon.


Kampung Colok yang terletak di Jalan Hangtuah Damon ini mulai diresmikan pada Senin (17/4/2023) malam. Peresmiannya ditandai dengan menyalakan api colok oleh Camat Bengkalis diwakili Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Rafli Kurniawan, Lurah Damon M. Yogie Arief Kurniawan, Ketua Bengkalis Creative Network Riza Zuhelmy serta tokoh masyarakat setempat.


Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan mengapresiasi keberadaan Kampung Colok Bermasa, dan berharap pemuda selalu antusias melestarikan tradisi ini, agar berkelanjutan dan menghasilkan karya-karya lainnya.


Menurut Lurah Damon M. Yogie Arief Kurniawan, keberadaan Kampung Colok Bermasa ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya sesuai dengan tema dari Kampung Colok Bermasa yakni "Berbudaya Melestarikan Sejarah".


"Selain sumbangan masyarakat, pembuatan Kampung Colok ini juga disupport dari dana bermasa Kelurahan Damon yang merupakan salah satu program unggulan dan visi misi Ibu Bupati Bengkalis dalam hal penguatan nilai-nilai keagamaan dan budaya melayu untuk mewujudkan masyarakat yang berkarakter", ungkap Lurah Damon M. Yogie Arief.


Senada dengan Lurah Damon, Ketua Bengkalis Creative Network Riza Zuhelmy menyampaikan, Fetival Lampu Colok merupakan salah satu aset budaya atau cagar budaya tak benda yang perlu terus dilestarikan dan didukung karena ini merupakan bentuk dari kreatifitas turun temurun.


"Festival Lampu Colok telah menjadi tradisi turun temurun khususnya di Kabupaten Bengkalis. Festival ini selalu dimeriahkan pada tiap malam ke 27 Ramadhan atau biasa disebut 7 likur. Lampu colok merupakan karya seni dari para tangan-tangan kreatif masyarakat yang membentuk gambar atau kaligrafi dari kaleng-kaleng bekas yang disusun sehingga membentuk sebuah karya yang indah, karena itu ini penting untuk dilestarikan", ungkap Riza.


Usai meresmikan Kampung Colok Bermasa Kelurahan Damon, tokoh masyarakat dan unsur pemerintah kecamatan dan kelurahan melanjutkan kegiatan dengan meresmikan karya Kampung Raya Bermasa di Jalan Sultan Syarif Kasim dari tangan kreatif pemuda Parit Bangkong yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. (Tetti)

IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan