Notification

×
iklan

Kejari Tulang Bawang Gelar Upacara Peringatan HUT Ke 72

Rabu, 10 Mei 2023 | 10.38.00 WIB Last Updated 2023-05-10T03:38:39Z

 

Fhoto: Kejaksaan Negeri Kabupaten Tulang Bawang, Lampung menggelar upacara peringatan HUT Ke - 72 

Pena-Raja.com - Kejaksaan Negeri Kabupaten Tulang Bawang, Lampung menggelar upacara peringatan HUT Ke - 72 Persatuan Jaksa Republik Indonesia (PERSAJA) di halaman kantor kejari setempat, pada hari Senin  (08/05/2023) pada pukul 08.00 WIB.


Dengan mengusung tema Sinergi dan Kolaborasi untuk kemajuan Negeri, kegiatan upacara HUT itu dipimpin langsung kepala kejari Devi Freddy Muskitta diikuti para Kasubagbin Fuad Alfano Adi Chandra, Kasi Pidum Gusmiliyansya, Kasi Datun Nurhayati.


Selain itu, kasi Intelijen Rachmat Djati Waluya, kasi Pidsus Ali Habib, kasi PB3R, R.E.F Aristomy Siahan maupun kasubsi, kaur, jaksa Fungsional, pegawai dan honor.


Kepala Kejari Devi Freddy Muskitta didampingi Kasi Intelijen Rachmat Djati Waluya mengatakan, peringatan HUT PERSAJA Ke-72 tahun 2023 bentuk pengabdian jaksa sebagai aparat penegak hukum, khususnya selaku penuntut umum, jauh melampaui usia organisasi jaksa itu sendiri.


Merujuk kata Adhyaksa dari Bahasa Sansekerta pada era Kerajaan Majapahit yang berarti pengawas (opzichter) atau hakim tertinggi, pada masa pemerintahan Hindia Belanda dikenal Procureur General atau jabatan jaksa agung, hingga pada masa kemerdekaan.


"Bahkan magistraat yang pada masa HIR berfungsi sebagai Openbaar Ministerie diganti dengan kata Jaksa yang melakukan tugas penuntutan perkara pidana pada pengadilan Negeri" jelas Devi


Ia menyebutkan lagi, profesi jaksa terus mengalami berbagai perkembangan dan dinamika seiring perjalanan waktu, sehingga menyadari pentingnya mengkonsolidasikan tugas-tugas Jaksa dalam melaksanakan profesinya yang senantiasa terus meningkat dengan dimensi permasalahan yang semakin luas dan kompleks.


"Termasuk untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak dan kepentingan para jaksa dalam menjalankan profesi sebagai penegak hukum, dalam memperingati HUT PERSAJA itu diharapkan para jaksa seluruh Indonesia mampu mengimplementasikan Tri Krama Adhyaksa dan aturan lain yang berlaku" paparnya. 


Setelah melaksanakan upacara HUT Ke-72 PERSAJA, dilanjutkan pemotongan Nasi Tumpeng oleh Kajari dan seluruh Jaksa serta pemberian sembako (PPWI TUBA Andreyadi


IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan