Notification

×
iklan

Bupati Kasmani Serahkan Penghargaan BTA Perdana, Kepada OPD dan Desa

Selasa, 13 Desember 2022 | 20.17.00 WIB Last Updated 2023-04-09T13:56:34Z

 


BATHIN SOLAPAN, SINDOPOST.com - Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono menyerahkan penghargaan "Bengkalis Transparansi Award" (BTA) 2022 pertama, kepada perangkat daerah dan pemerintahan desa yang dinilai patuh, transparan, aktif dan komitmen terhadap Keterbukaan Informasi Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Selasa 13 Desember 2022, di Hotel Surya Duri.


Pemberian penghargaan "Bengkalis Transparansi Award" tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2022 ini. Ada dua kategori, yakni kategori perangkat daerah dan kategori pemerintahan desa.


Untuk kategori perangkat daerah menuju informatif, terbaik I Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bengkalis, terbaik II Dinas Pendidikan Bengkalis dan terbaik III Kecamatan Bengkalis. Selanjutnya perangkat daerah termasuk dalam nominasi, yakni Rumah Sakit Umum Daerah Bengkalis dan Kecamatan Pinggir.


Kemudian kategori pemerintahan desa, terbaik I Desa Sadar Jaya, terbaik II Desa Parit Kebumen dan terbaik III Desa Pangkalan Jambi. Sementara Desa Air Putih termasuk nominasi.


Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis dibacakan Asisten I Andris Wasono mengatakan, apresiasi yang tinggi kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, telah menginisiasi sekaligus menyelenggarakan kegiatan pemberian penghargaan "Bengkalis Transparansi Award", (BTA) 2022. Yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis, bahkan di Provinsi Riau.


"Mudah-mudahan reward yang kita berikan ini, dapat menjadi daya dorong yang tinggi kepada perangkat daerah maupun pemerintah desa, untuk senantiasa memantapkan semangat serta menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik", tutur Kasmarni.


Selanjutnya, Bupati mengucapkan selamat dan tahniah juga kepada badan publik, khususnya perangkat daerah maupun pemerintah desa, yang telah berhasil menerima penghargaan Bengkalis Transparansi Award tahun 2022 ini. terus pertahankan dan tingkatkan prestasi ini.


Serta kuatkan komitmen untuk menjadi perangkat daerah serta pemerintah desa yang senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan dalam pemenuhan informasi publik, demi terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.


Kepada kesempatan itu Bupati Bengkalis Kasmarni kembali mengucapkan selamat dan taniah kepada PPID utama (Diskomintik) Bengkalis dan PPID pembantu. Atas keberhasilan sebagai daerah terbaik I atau cukup Informatif pada ajang KI Riau Award 2022. Serta ucapan terima kasih telah menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab, dalam menjalankan amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di Negeri Junjungan ini.


"Namun perlu diingat, menyandang gelar sebagai daerah informatif, jangan membuat kita terlena, akan tetapi harus menjadi motivasi dan tekad kuat kita bersama untuk lebih baik, lebih berprestasi dalam meningkatkan pelayanan serta pemenuhan hak-hak publik untuk mendapatkan informasi", ucapnya.


Diakhiri sambutan Bupati Bengkalis tegaskan, kepada seluruh kepala perangkat daerah terus meng-update setiap informasi dan dokumentasi di lingkup kerjanya sesuai perkembangan terkini. Pastikan pengelola PPID pembantu di instansi, aktif dan proaktif dalam bekerja.


Berikutnya lakukan respon cepat terhadap permintaan informasi publik, melalui PPID utama di Diskominfotik. Dan sampaikan seluruh keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai melalui perangkat digital maupun melalui pemanfaatan media sosial. Jangan biarkan website tidak terkelola, yang justru menyajikan informasi lama.


Sementara itu, laporan Kadis Kominfotik Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko mengatakan, penganugerahan Bengkalis Transparansi Award 2022 ini bertujuan untuk memotivasi kepada seluruh badan publik yang ada di Kabupaten Bengkalis agar benar-benar komitmen melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.


Hendrik juga menjelaskan penghargaan ini  dinilai melalui proses yang panjang dengan , ada penilaian melalui Self Assesment Questionnaire (SAQ) , Implementasi Kepatuhan publik, seperti PPID, Desk Layanan Infomasi, Teknologi informasi, Sumber Daya Pengelola dan yang terpenting adalah Daftar Informasi Publik (DIP).


"Kami juga mengucapkan terima kepada Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro dan Ketua KI Provinsi Riau Zufra Irwan telah sudi hadir di acara Bengkalis Transparansi Award 2022 pertama di Riau,"tutupnya.


Pada kesempatan itu sambutan Ketua KI Provinsi Riau Zufra Irwan, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis atas terselenggaranya acara Bengkalis Transparansi Award 2022.


Kata Zufra apapun yang telah dilakukan PPID Utama Diskominfotik Bengkalis seperti, monitoring, visitasi dan lainnya ke PPID pembantu, nafasnya  adalah untuk mewujudkan kata kelolaan pemerintahan yang baik.


"Kami sangat mendorong kepada Pemkab Bengkalis membentuk Komisi Informasi (KI) Kabupaten Bengkalis, kalau Bengkalis bentuk KI akan menjadi Kabupaten pertama di Sumatera", ujar Zufra.


Selanjutnya sambutan Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro mengatakan, kegiatan ini akan menjadi contoh bagi daerah lain, untuk serius mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik.


"Kami hadir disini adalah ingin melihat langsung kegiatan besar Kabupaten Bengkalis, yaitu Bengkalis Transparansi Award pertama di Riau, kami sangat bangga dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis", ujarnya.


Turut hadir sejumlah rombongan KI Riau, anggota DPRD Bengkalis, para Forkopincam dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (Tetti)


IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
IKLAN TENGAH POSTINGAN
POS PEMERINTAH
iklan
iklan